utopis.id

Danu Waspodo saat menerima paket sembako yang diserahkan oleh Muhammad Rudi. Foto: Humas Polresta Barelang.

Paket, Purna, Bhayangkara

Polri menggelar kegiatan bakti sosial religi dan bantuan sosial (bansos) serentak di seluruh Indonesia. Paket sembako dibagi-bagikan kepada mereka yang dulu pernah mengabdi sebagai anggota polisi.

DANU WASPODO masih terlihat rapi dan loyal. Pada Senin 20 Juni 2022, purnawirawan polisi ini mendatangi kantor lamanya, Markas Kepolisian Resor Kota (Mapolresta) Barelang di Kota Batam, Kepulauan Riau. Seragam coklatnya berganti setelan batik dengan songkok di kepala. Di sana, ada Wali Kota Batam Muhammad Rudi, yang juga bekas anggota polisi. Keduanya lalu berpose memegang satu kotak sembako.

 

Hari itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar kegiatan bakti sosial religi dan bantuan sosial (bansos) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara. Kegiatan tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia. Termasuk Kota Batam. Di Mapolresta Barelang, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga hadir. Danu Waspodo adalah salah satu yang diundang, bersama purnawirawan lain dan para warakawuri (istri purnawirawan yang suaminya gugur atau meninggal dunia).

 

Saat disapa, dari balik maskernya Danu Waspodo kelihatan tersenyum. Ya, walaupun tak banyak, tapi adalah perhatian Polri dengan purnawirawan. Satu dus paket kebutuhan pokok diterima di masa pensiunnya. Tak mengabdi lagi, Danu Waspodo tetap dikenal baik. Ia lulusan tamtama yang masa purna-nya berpangkat Brigadir Polisi Kepala Bripka (Bripka) dan purna-tugas di Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Barelang.

 

Lantas berapa gaji pensiunan polisi?

 

Besaran gaji yang diterima pensiunan polisi ini berbeda-beda yang disesuaikan dengan pangkat terakhir dan lamanya masa pengabdian. Itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2019. Misalnya untuk seorang purnawirawan bintara polisi, besarannya gaji pensiunan polisi tertinggi adalah sebesar Rp 3.024.500 per bulan, sementara terendahnya adalah sebesar Rp 1.643.500 per bulan.

 

Selain gaji pensiunan polisi, PP Nomor 20 Tahun 2019 juga mengatur besaran tunjangan untuk polisi yang gugur selama dinas, serta purnawirawan Polri penderita cacat sedang akibat tindakan langsung lawan dan cacat berat dalam dinas yang tidak mampu lagi bekerja di segela bidang, ada penyesuaian dana pensiunan.

 

Melalui video konferensi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap kegiatan bakti sosial religi ini betul-betul bisa menyentuh masyarakat yang membutuhkan. Dia bilang ini merupakan bagian dari rangkaian hari Bhayangkara. Kegiatan ini dia harap dapat menjaga kerukunan antar-umat beragama, nilai-nilai toleransi serta sebagai wujud hadirnya negara dalam membantu kebutuhan dasar masyarakat.

 

“Ada 16 titik yang akan disalurkan dengan sasaran orang yang kurang mampu, purnawirawan, warakauri serta panti asuhan dengan menyerahkan sebanyak 300 paket sembako,” kata Kapolresta Barelang Kombes Nugroho Tri Nuryanto. Selain itu, pihaknya juga melakukan survei bersama serta pengecatan di tempat-tempat ibadah. Nugroho menyebut, kegiatan ini berguna untuk masyarakat Batam. “Meskipun pandemi Covid-19 melandai, tapi tetap kita jaga kota Batam untuk tetap aman dan kondusif,” katanya.

 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, berterima kasih kepada Polri dan berharap kegiatan baksos ini bisa dilaksanakan oleh semua institusi di Batam. “Semoga hubungan baik ini bisa kita jaga, sehingga pembangunan kota Batam akan menjadi lancar,” kata Rudi. Turut hadir, Dandim 0316/Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Dandenpom 1/6 Batam Letkol Cpm Roby Zulkarnaen, Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, Forkopimda yang mewakili serta Pejabat Utama Polresta Barelang.

 

 

Liputan Eksklusif

Jurnalisme Telaten

Utopis adalah media siber di Kota Batam, Kepulauan Riau. Etos kerja kami berasas independensi dan kecakapan berbahasa jurnalistik.

© 2022 Utopis.id – Dilarang mengutip dan menyadur teks serta memakai foto dari laman Utopis.